Kelebihan dan Kekurangan E-Commerce







🙌 WELCOME TO MY BLOG 🙌














      E-Commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

      E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.








Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.





Adapun kelebihan dan kekurangan dari E-Commerce, diantaranya :


A. Kelebihan E-Commerce :

     - Revenue stream baru
     - Market exposure, melebarkan jangkauan
     - Menurunkan biaya
     - Memperpendek waktu product cycle
     - Meningkatkan customer loyality
     - Meningkatkan value chain


B. Kelemahan E-Commerce :

a) Isu security

b) Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan

    intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai

    dengan pencurian data.

c) Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,

d) Ketidaktepatan waktu pengiriman barang

e) No cash payment.

 f) Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan
     e-commerce

g) Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat

    langsung barang yang akan dibelinya.


Jadi Meskipun banyak terdapat kekurangan dalam E-Commerce namun peluang bisnis yang ada pada era seperti ini masih sangat besar karena perkembangan yang ada pada masyarakat.

Terimakasih anda telah membaca artikel di blog saya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.💓💙💚💛💜




Referensi :

https://yollaadzani.wordpress.com/2010/10/26/pengertian-kelebihan-dan-kekurangan-e-commerce/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VALUE CHAIN

VALUE CHAIN Analisis rantai nilai adalah kerangka analisis yang membantu dalam mengidentifikasi aktivitas bisnis yang dapat mencipta...